Aturan yang Tepat Memberikan Susu Formula kepada Bayi

Hai para orang tua, apakah Anda mimiliki bayi yang sedang meminum susu formula? Yuk simak artikel berikut tentang bagaimana sih aturan yang benar saat Anda memberikan susu kepada sang buah hati.

Setelah sekian lama susu sambung dikenal di kalangan masyarakat, namun masih ada saja yang belum mengetahui aturan memberikannya kepada sang buah hati. Tidak seperti ASI pemberian susu sambung kepada si kecil harus benar-benar diperhatikan.

Mulai dari waktu pemberian, cara penyimpanan susu hingga kebersihan botol harus diperhatikan oleh sang Ibu. Agar si bayi tidak mudah terkena infeksi saat meminum susu formula, aturan yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.


1.      Jumlah Frekuensi Pemberian Susu

Jumlah frekuensi yang diberikan ini menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan. Hal ini disebabkan karena susu sambung susah dicerna oleh si bayi berbeda dengan ASI. Biasanya saat bayi meminum susu sambung hanya akan diberikan beberapa kali saja, tidak seperti ASI yang diberikan setiap saat.

Nah ini bisa menjadi pemicu untuk Anda agar mempermudah saat Anda memberikan susu kepada sang bayi. Berilah susu sambung ketika si bayi meminta saja. Dengan demikian Anda akan mengetahui jadwal ketika sang bayi lapar

Satu hal yang harus diperhatikan oleh Anda, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan susu sambung kepada sang bayi untuk mencegah terjadinya obesitas. Mengingat kandungan sukrosa yang terdapat pada susu sambung terbilang banyak. 

2.      Menjaga Kebersihan Botol

Tak kalah penting dari frekuensi yang diberikan. Kebersihan botol juga harus diperhatikan oleh sang ibu. Tidak hanya botol yang dibersihkan namun juga tutupnya. Anda bisa membersihkan botol dan tutupnya menggunakan air hangat dan sabun serta sikat khusus untuk botol bayi. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya kuman ke dalam botol.

3.      Memilih Botol Khusus

Pilihlah botol yang berlabel BPA-free dan juga yang terbuat dari bahan dasar PP yang aman digunakan oleh si bayi. Hindari proses perebusan botol atau meletakkan botol di tempat pencuci piring atau microwave. Karena temperatur tinggi yang dihasilkan akan melepaskan bahan kimia dari plastik botol.

4.      Cara Pembuatan Susu

Cucilah tangan Anda terlebih dahulu sebelum membuat susu. Gunakanlah petunjuk aturan pembuatan susu yang tertera dalam kemasan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah susu yang dibuat terlalu encer atau bahkan terlalu kental. Gunakanlah air yang bersih untuk membuat susu.

5.      Penyimpanan Susu

Saat Anda membeli susu, perhatikanlah tanggal kedaluwarsa dari susu tersebut. Jangan sampai Anda membeli susu yang tanggal sudah mendekati tanggal kedaluwarsa atau bahkan yang sudah melampaui tanggal tersebut. Simpan susu pada suhu yang sedang saja, jangan terlalu panas dan bahkan terlalu dingin.

Itulah aturan yang harus Anda perhatikan untuk memberikan susu kepada bayi. Jika Anda sering membeli susu secara online, belilah pada situs Orami yang sudah terjamin susu yang dijual tidak melampaui tanggal kedaluwarsa. Jangan lupa juga untuk mengunjungi www.orami.co.id agar tidak terlewat discount berbagai merek susu.